All About Tecnology

9 Aplikasi Gratis Wajib Punya untuk Windows 10


1. VLC



Nah , yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya . Bagi yang belum mengenal dan atau mengetahui apa sih kegunaan VLC ? VLC dapat memutar hampir semua file media . Lagu ? OK . Film ? avi / mkv / mp4 / rm / rmvb / dll ? OK . Livestream dengan kualitas optimal tanpa harus menggunakan built-in media player milik situs livestream yang kacau ? OK .

Nonton Youtube ? OK , dan masih banyak fitur lainnya . VLC juga memiliki forum yang ditujukan untuk menghubungkan antara developer dan pengguna sehingga VLC lebih stabil dan lebih mudah digunakan . Dengan klik link di atas semua tadi dapat anda dapatkan dengan mengunduh VLC dari developernya , langsung !



2. LibreOffice


Anda tidak mampu membeli lisensi asli Microsoft Office ? Namun masih membutuhkan office-suit untuk pekerjaan sehari-hari anda ? Nah bila jawaban untuk kedua pertanyaan tadi adalah 'ya' , maka LibreOffice adalah solusi yang tepat bagi masalah anda . Bagi yang belum mengenal LibreOffice , adalah fork-project dari OpenOffice yang telah menjadi milik Oracle.inc .
Meskipun keduanya berasal dari proyek yang sama . LibreOffice jauh lebih berkembang dan memiliki fitur yang tidak kalah dengan office-suit besutan Microsoft . Semua ini karena dukungan penuh dari developer dan forum pengguna , yang menyediakan langkah pemecahan masalah , memberikan bantuan dan solusi , semuanya gratis tanpa ba-bi-bu . Anda dapat mengunduh LibreOffice dengan mengunjungi link di atas .



3. SMADAV


Nah ini dia anti-virus lokal asli Indonesia . SMADAV anti-virus adalah anti-virus gratisan yang punya performa yang garang dalam memberantas virus , namun tidak membebani performa laptop/PC anda . Apalagi gratis , dan cepat update dengan perkembangan virus-virus . Namun alasan utama SMADAV banyak dipilih berjuta-juta user dari belahan dunia adalah user memiliki kendali penuh dalam memberantas virus , hal yang jarang dimiliki program anti-virus lain . Anda dapat mengunduh SMADAV dengan mengunjungi link di atas .




4. Tera-Copy

Pernahkah anda memindahkan banyak data dengan kapasitas yang besar ? Namun ketika kabel drive anda tersenggol dan memutuskan koneksi external drive anda dengan laptop/PC anda sehingga anda harus mengulangi prosedur yang melelahkan tersebut dari awal . Bila hal ini masih menghantui anda , ada baiknya anda menggunakan Tera-Copy .
Dengan Tera-Copy , anda bisa menghentikan sementara (Pause) , memulai kembali transfer anda yang terputus tanpa mengulanginya dari awal , bahkan anda bisa dengan cepat menghentikan transfer data tersebut . Semua tadi bisa anda lakukan tanpa harus khawatir file yang bersangkutan menjadi corrupt dan tidak bisa digunakan karena Tera-Copy memiliki fitur pengecekan checksum yang terkenal ampuh dalam mencegah kerusakan data . Anda dapat mengunduh Tera-Copy dengan mengunjungi link di atas .



5. CCleaner

Semakin sering anda memakai Windows 10 , anda akan merasakan performa Windows 10 kurang optimal . Mulai dari aplikasi yang tidak responsive alias lemot , startup yang lama , dan file-file temporary atau file tidak terpakai bekas aplikasi yang terun-install yang kerjanya hanya memakan isi hard-drive . Nah datanglah CCleaner yang dapat mengatasi masalah tersebut . Mulai dari pembersihan registry dan file tidak terpakai , flushing cache memory , bahkan defragment hard-drive . Semua dapat anda unduh dalam 1 aplikasi gratis ini dengan mengunjuni link di atas .




6. 7Zip

Berlanjut ke aplikasi ke 7 , tentunya apalagi kalau bukan 7Zip . 7Zip adalah archiver yang mampu mengenali , membuka , meng-extract hampir seluruh file archive . 7Zip juga dapat membuat file archive anda memiliki kapasitas yang lebih kecil , serta dapat memberikan enkripsi bagi file archive anda dengan metode yang sama dengan enkripsi militer . Terlebih lagi 7Zip tidak memakan lebih dari 20MB di hard-drive anda . Bahkan hanya memakan kurang dari 1MB RAM saat beroperasi tentunya akan bertambah ketika jumlah file dan atau jumlah kapasitas file yang akan anda arsipkan , namun tidak seberat aplikasi lain . Anda bisa mengunduh 7Zip dengan mengunjungi link di atas .




7. F.lux

Pada laptop/motherboard generasi 2014 keatas , banyak yang telah dibekali dengan sensor cahaya dan sensor thermal yang dapat mengenali suasana ruangan tempat anda menggunakan laptop/PC . Namun kerapkali sensor tersebut tidak digunakan sepenuhnya . Hadirlah F.lux , yang dapat menggunakan kedua sensor tersebut untuk meringankan radiasi dari layar laptop/PC terhadap mata anda . F.lux bekerja secara otomatis dan di belakang layar beserta kedua sensor tersebut , bahkan aplikasi ini dapat mengenal waktu sehingga secara otomatis akan meredupkan cahaya di kala senja , dan menerangkan kontras sehingga anda dapat bekerja di luar ruangan dikala terik matahari . Seperti aplikasi lainnya yang telah disebutkan , F.lux 100% gratis tanpa ba-bi-bu . Anda dapat mengunduh F.Lux dengan mengunjungi link di atas .




8. Google Chrome & Mozilla Firefox

Keduanya adalah browser terpopuler dan teraman , lebih aman daripada Microsoft Edge bawaan Windows 10 . Dengan ribuan add-ons dan ektensi , beserta fitur yang kaya dengan kendali sepenuhnya di tangan user , menjadikan kedua ini browser ini harus tersedia di seluruh laptop/PC anda . Oh iya , dengan menginstal browser ini , anda tidak perlu pusing mencari PDF-reader , karena keduanya masing-masing dapat membaca file PDF tanpa merusak isi dari file PDF tersebut . Anda dapat mengunduh kedua browser tersebut dengan mengunjungi link dari masing-masing aplikasi .




9 Photoshop Express & GIMP

Apakah anda orang yang aktif di medsos ? Sering share foto-foto maupun gambar-gambar lucu ? Kedua aplikasi ini dapat membantu anda dalam mengedit file gambar tanpa dipungut biaya . Photoshop Express hanya dapat membantu anda dalam mengedit gambar ringan yakni proses crop , meta-edit (brightness , color-pallet , red-eye fix , dll) , rotate , memberikan text-box dan sebagainya . Bila kebutuhan anda dalam mengedit foto melebihi hal yang telah disebutkan anda dapat menggunakan GIMP . Keduanya cukup ringan , responsive dan intuitive , sehingga mudah digunakan . Anda dapat mengunduh masing-masing aplikasi tersebut dengan mengunjungi link di atas .
Semoga membantu ;) !