All About Tecnology

Artikel HTML

BELAJAR DASAR HTML




Pengertian HTML

HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web.mendesain HTML berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML kita dapat di akses oleh browser. Mendesain HTML adalah  sebuah seni tersendiri. Homepage yang merupakan implementasi dari HTML adalah refleksi dari orang yang membuatnya. Untuk itu kita perlu mendesainnya dengan baik agar para pengunjung homepage yang kita buat merasa senang dan bermanfaat.
Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver,Note Pad dan lain-lain.
  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.
Kedua cara diatas memiliki Kelebihan dan kekurangan. Cara pertama kelebihannya adalah HTML Editor merupakan sebuah program yang khusus didesain untuk membuat, melakukan editing bahkan mem-publish ke internet. Dengan kemampuannya menggabungkan kemudahan dan kecanggihan teknologi internet ke dalam dokumen HTML maka cara ini sangat disukai oleh para pemula dan desainer yang tidak ingin belajar lebih mendalam mengenai HTML. Sedangkan cara kedua adalah menuliskan secara manual satu persatu tag-tag HTML. Hal ini sangat disarakan sulit dikarenakan akan memakan tenaga dan waktu ekstra untuk melakukannya, ditambah lagi Anda harus melakukan cara-cara konvensional untuk melihat hasilnya pada web browser. Namun pada cara kedua adalah dasar dari segala bentuk HTML yang akan Anda pelajari, karena dengan cara itulah Anda akan lebih paham mengenai cara kerja dan berbagai perintah yang biasa dipakai pada bahasa HTML.

       Struktur HTML

   a.Elemen
  Elemen terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembukaisi, dan tag penutup.Contonya untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana: <title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML.

  b. Tag
  Tag merupakan teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body. Tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <bodyini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body>ini adalah tag penutup isi dokumen HTML. Yang merupakan tag-tag dasar dalam HTML adalah:
Ø  <html> </html>
Tag <html> dan </html> digunakan untuk menandai awal dan akhir dari suatu file HTML.
Ø   <title> </title>
Tulisan yang berada diantara tag <title> dan </title> akan ditampilkan oleh browser pada bagian title dan merupakan title dari jendela browser.
Ø   <head> </head>
Berisi keterangan informasi, seperti title dan jenis dokumen, ditulis diantara <head> </head>.
Ø  <body> </body>
Bagian tag <body> </bodymenandai awal dan akhir dari badan dokumen HTML. Tag ini memiliki sejumlah attribut yang dapat ditentukan.

Contoh :
<html>
<head>
<title>Contoh Document HTML</title>
</head>
<body>
Hallo Pembaca Makalah Pemrograman Dasar WEBsite dengan HTML.
</body>
</html>

c. Atribut
Atribut terdapat di dalam script sebuah elemen dan memberikan informasitambahan tentang elemen. Atribut selalu ditentukan dalam tag awal Atribut ditulis dalam pasangan nama / nilai.
Nilai dari atribut harus selalu tertutup dalam tanda kutip. Tanda kutip ganda adalah yang paling umum, tapi gaya tanda kutip tunggal juga diperbolehkan. Dalam beberapa situasi, ketika nilai atribut itu sendiri berisi tanda kutip, maka perlu menggunakan tanda kutip tunggal Misalnya: name = 'John "shotgun" Nelson'.



Tag Dasar Html

1.<html></html> Digunakan Untuk Menandai Awal Dan akhir penulisan HTML
2.<title></title> Merupakan judul dari web yang ditampilkan pada jendela browser
3. .<head></ head>  Berisi keterangan informasi seperti tittle dan jenis dokumen di tulis diantara tag
4. .<body></ body> Menandai Awal Dan akhir dari badan / isi dokumen HTML

Fungsi HTML

Fungsi dari HTML adalah digunakan untuk membuat sebuah halaman website dan juga menampilkan berbagai informasi yang di inputkan ke dalam html tersebut seperti gambar, teks, video, dan lainnya sehingga bisa di tempilkan melalui web browser. Selian itu HTML juga bisa digunakan untuk membuat sebuah link yang nantinya menuju ke sebuah halaman website lainnya dengan kode tertentu.